FPB dan KPK

FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB)

FPB merupakan faktor paling besar dari gabungan beberapa bilangan

Cara mencari FPB


Menggunakan Himpunan Faktor Persekutuan

Contoh

Tentukan FPB dari bilangan 18 dan 24

Faktor 18  =  {1, 2, 3, 6, 9, 18}

Faktor 24  =  {1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 24}

Faktor persekutuan dari 18 dan 24 =  { 1, 2, 3, 6}

FPB dari 18 dan 24 =  6

Tentukan FPB dari bilangan 75 dan 120

Faktor 75  =  {1, 3, 5, 15, 25, 75}

Faktor 120            =  {1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 10, 12, 15, 20, 24, 30, 40, 60, 120}

Faktor persekutuan dari 75 dan 120  =  {1, 3, 4, 15}

FPB dari 75 dan 120  =  15

Tentukan FPB dari bilangan 36, 48 dan 72

Faktor 36  =  {1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, 36}

Faktor 48  =  {1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 16,24, 48}

Faktor 72  =  {1, 2, 3, 4, 6, 8, 9, 12, 18, 24, 36, 72}

Faktor persekutuan dari 36 dan 48  =  {1, 2, 3, 4, 6, 12}

FPB dari 36 dan 48  =  12


Menggunakan Pohon Faktor

  • Buatlah pohon faktor dari kedua bilangan yang dicari FPB-nya.
  • Tulis faktorisasi primanya.
  • Pilihlah bilangan pokok yang sama pada kedua faktorisasi prima.
  • Jika bilangan tersebut memiliki pangkat yang berbeda, ambillah bilangan prima dengan pangkat yang terendah.

Contoh


Tentukan FPB dari bilangan 20 dan 30


  • 2 dan 5 adalah bilangan prima yang sama-sama terdapat faktorisasi prima kedua pohon faktor.
  • Pangkat terendah dari 2 adalah 1.
  • Pangkat terendah dari 5 adalah 1.
  • Maka FPB =  2 X 5  =  10

Tentukan FPB dari bilangan 48 dan 60







  • 2 dan 3 adalah bilangan prima yang sama-sama terdapat faktorisasi prima kedua pohon faktor.
  • Pangkat terendah dari 2 adalah 2.
  • Pangkat terendah dari 3 adalah 1.
  • Maka FPB =  22 X 3 =  12

Tentukan FPB dari bilangan 18, 30, dan 36

  • 2 dan 3 adalah bilangan prima yang sama-sama terdapat faktorisasi prima ketiga pohon faktor.
  • Pangkat terendah dari 2 adalah 1.
  • Pangkat terendah dari 3 adalah 1.
  • Maka FPB =  2 X 3 =  6

Menggunakan Tabel

  • Buatlah cara tabel untuk mencari faktorisasi prima dari bilangan yang dicari FPB-nya.
  • Beri tanda faktor prima yang sama.

Contoh

Tentukan FPB dari bilangan 21 dan 35


21 35
3 7 5
5 7 1
7 1 1



FPB  =  3

Tentukan FPB dari bilangan 36 dan 54


36 54
2 18 27
2 9 27
3 3 9
3 1 3
3 1 1

FPB  = 2 X 3 X 3

=  2 X 32 =  18

Tentukan FPB dari bilangan 75, 105 dan 120


75 105 120
2 75 105 60
2 75 105 30
2 75 105 15
3 25 35 5
5 5 7 1
5 1 7 1
7 1 1 1

FPB  =  3  X  5  =  15


KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK)

KPK merupakan kelipatan paling kecil dari gabungan beberapa bilangan

Cara mencari KPK

Menggunakan Himpunan Kelipatan Persekutuan

Contoh :

a.          Tentukan KPK dari bilangan 8 dan 12

Kelipatan 8     =  {8, 16, 24, 32, 40, 48, …}

Kelipatan 12               =  {21, 24, 36, 48, 60, 72, ….}

Kelipatan persekutuan dari 8 dan 12  =  { 24, 48, …}

KPK dari 8 dan 12 =  24


b.         Tentukan KPK dari bilangan 15 dan 20

Kelipatan 15            =  {15, 30, 45, 60, 75, 90, 105, 120, …}

Kelipatan 20            =  {20, 40, 60, 80, 100,120, …}

Kelipatan persekutuan dari 15 dan 20  =  {60, 120, ….}

KPK dari 15 dan 20 =  60


c.          Tentukan KPK dari bilangan 6, 8 dan 10

Kelipatan 6      =  {6, 12, 18, 24, 30, 36, 42, 48, …}

Kelipatan 8      =  {8, 16, 24, 32, 40, 48, …}

Kelipatan 12   =  {12, 24, 36, 48, 60, …}

Kelipatan persekutuan dari 6, 8 dan 12  =  {24, 48, …}

KPK dari 6, 8 dan 12  =  24

Menggunakan Pohon Faktor

  • Buatlah pohon faktor dari kedua bilangan yang dicari KPK-nya.
  • Tulis faktorisasi primanya.
  • Kalikan semua faktorisasi prima
  • Jika satu bilangan terdapat di lebih dari satu pohon, ambillah bilangan dengan pangkat yang tertinggi.

Contoh :

Tentukan KPK dari bilangan 10 dan 15

  • 2, 3, dan 5 adalah faktor prima yang terdapat pada faktorisasi prima.
  • Pangkat tertinggi 5 adalah 1
  • Maka KPK =  2 X 3 X 5 =  30

Tentukan KPK dari bilangan 12 dan 30

  • 2, 3, dan 5 adalah faktor prima yang terdapat pada faktorisasi prima.
  • Pangkat tertinggi 2 adalah 2.
  • Pangkat tertinggi 3 adalah 1.
  • Maka KPK = 22 X 3 X 5  =  60


Tentukan FPB dari bilangan 8, 24, dan 36

  • 2 dan 3 adalah faktor prima yang terdapat pada faktorisasi prima.
  • Pangkat tertinggi 2 adalah 3.
  • Pangkat tertinggi 3 adalah 2.
  • Maka KPK = 23 X 32 =  72

Menggunakan Tabel

  • Buatlah cara tabel untuk mencari faktorisasi prima dari bilangan yang dicari KPK-nya.
  • Kalikan semua faktor prima.

Contoh

Tentukan KPK dari bilangan 16 dan 40


16 40
2 8 20
2 4 10
2 2 5
2 1 5
5 1 1

KPK  =  2 X 2 X 2 X 2 X 5

=   24 X 5  =  80


Tentukan KPK dari bilangan 36 dan 64


36 54
2 18 27
2 9 27
3 3 9
3 1 3
3 1 1

KPK  = 2 X 2 X 3 X 3 X 3

=  22 X 33 =  108

Tentukan KPK dari bilangan 10, 15 dan 25


10 15 25
2 5 15 25
3 5 5 25
5 1 1 5
5 1 1 1

KPK  =  2  X 3  X  5  X 5

=   2 X 3 X 52 =  150

saran :  dalam mencari FPB dan KPK lebih mudah menggunakan cara tabel


Contoh Soal FPB dan KPK

Doni mempunyai 20 butir kelereng merah, 28 butir kelereng putih, dan 36 butir kelereng biru.  Kelereng tersebut dimasukkan ke dalam kantong dengan isi sama banyak.  Berapa kantong yang diperlukan ?  Berapa butir kelereng merah, kelereng putih, dan kelereng biru dalam satu kantong ?

Penyelesaian

FPB dari 20, 28, dan 36


20 28 36
2 10 14 18
2 5 7 9
3 5 7 3
3 5 7 1
5 1 7 1
7 1 1 1

FPB dari 20, 28, dan 36  =  2 X 2 = 4

Jadi jumlah kantong yang diperlukan =  4 kantong

Isi tiap kantong :

  • Kelereng merah          =  20  :  4  =  5 butir
  • Kelereng putih            =  28  :  4  =  7 butir
  • Kelereng biru   =  36  :  4  =  9 butir

Pak Andi mendapat giliran ronda setiap 4 hari.  Pak Karim mendapat giliran ronda setiap 6 hari.  Pak Tedi mendapat giliran ronda setiap 8 hari.  Setiap berapa hari mereka ronda bersama-sama ?  Jika mereka ronda bersama-sama tanggal 1 Januari 2008, tanggal berapakah mereka ronda bersama-sama lagi ?

Penyelesaian

KPK dari 4, 6 dan 8


4 6 8
2 2 3 4
2 1 3 2
2 1 3 1
3 1 1 1

KPK dari 4, 6, dan 8              =  2 X 2 X 2 X 3

=  23 X 3

=  8  X  3

=  24

Jadi mereka ronda bersama-sama setiap 2

176 Komentar (+add yours?)

  1. ardi
    Agu 21, 2014 @ 18:23:29

    mana tidak ada jawabanya

    Balas

  2. Anonymous
    Agu 21, 2014 @ 09:52:53

    Saya masih bingung untuk menyelesaikan KPK dari 36 dan 64

    Balas

  3. Toriq
    Agu 21, 2014 @ 00:13:43

    J

    Balas

  4. @Wiwikamalia
    Agu 19, 2014 @ 14:05:48

    ajarin donk please

    Balas

  5. windy
    Agu 18, 2014 @ 20:13:04

    Ty buangedd ya kak

    Balas

  6. windy
    Agu 18, 2014 @ 20:05:10

    Ty bgt

    Balas

  7. rizki
    Agu 18, 2014 @ 18:28:28

    thanks kau memang menbantu

    Balas

  8. eri crismas_@yahoo.com
    Agu 18, 2014 @ 13:47:54

    kpk dari 12 dan 18

    Balas

  9. Anonymous
    Agu 18, 2014 @ 12:22:29

    Ni gimana caranya ..
    Saya kelas 3
    soal :
    19 Dan 38
    faktoeisasi :19=
    38=
    FPB :
    KPK :

    Balas

  10. Anonymous
    Agu 14, 2014 @ 21:47:15

    Kpk dan fpb dari 35,63,72

    Balas

  11. Anonymous
    Agu 14, 2014 @ 14:36:22

    Kpk dari 8 dan 18 ap yha???

    Balas

  12. sultan dandhy alfito
    Agu 12, 2014 @ 19:12:02

    Siapa yg tau kl tau di mohon untuk membalas.faktor dari bilangan 36 dan 48?

    Balas

  13. Vianika
    Agu 08, 2014 @ 19:25:08

    m

    Balas

  14. Anonymous
    Agu 07, 2014 @ 21:40:17

    fpb dan kpk dari 8 dan 20

    Balas

  15. Anonymous
    Jul 16, 2014 @ 16:51:23

    thx ya

    Balas

  16. #******#
    Jul 14, 2014 @ 09:10:28

    thank’s

    Balas

  17. #******#
    Jul 14, 2014 @ 09:09:29

    FPB dari 48 dan 32
    KPK dari 28 dan 30

    Balas

  18. oktari
    Jun 28, 2014 @ 17:31:33

    tengs ya udah kasih tau cara nya semoga allah mebalas kebaikan anda
    aminnn….. ya allah

    Balas

  19. Anonymous
    Apr 27, 2014 @ 19:49:07

    Thank’s ea ini sangat membantu saya banget!

    Balas

  20. Anonymous
    Mar 24, 2014 @ 12:09:32

    thanks ya… buat pembahasannya

    Balas

  21. Aileen
    Feb 04, 2014 @ 19:14:06

    (L||° ▽ °) .. Gw g nemu apa yg Gw cri ..

    Balas

  22. rayhan aza
    Feb 04, 2014 @ 18:41:23

    nggak ngerti

    Balas

  23. Wira
    Jan 19, 2014 @ 16:02:57

    Sangat membantu.. terimakasih..

    Balas

  24. Alicia Firzty
    Jan 06, 2014 @ 18:54:09

    aduhhhhhh,klo angkanya 7 gmna????????????????

    Balas

    • fira sefirna ananda
      Agu 14, 2014 @ 20:27:04

      Kan 7 bilangan prima

      Balas

  25. Siti Nurjayanah(Ana)
    Des 21, 2013 @ 13:59:01

    Orang-orang yang bisa MATEMATIKA adalah orang yang diberikan kelebihan sma Allah

    Balas

  26. nur aiyah
    Des 21, 2013 @ 12:47:40

    nur aiyah

    Balas

  27. aisyah
    Des 10, 2013 @ 19:43:07

    wah bagus sekali mungkin yg belajar ini pasti cepat dipahami

    Balas

  28. MISTER-X
    Des 10, 2013 @ 17:27:12

    thanks ya….

    Balas

  29. farhan hilmy
    Nov 27, 2013 @ 20:35:57

    fpb dari 8 dan 32

    Balas

  30. Anonymous
    Nov 27, 2013 @ 20:34:53

    fpb dari 8

    Balas

  31. Arica Cemyut Ibunda Raffa
    Nov 18, 2013 @ 06:56:37

    kalau soal cerita yg terakhir tu bisa ketemune 2, tu gmn carane?

    Balas

  32. Aley
    Nov 16, 2013 @ 14:19:34

    Q yg gk ngrti…
    Jika ada soal cerita tntang fpb n kpk…
    Cra mngetahui apkh mencari fpb atw kpk nya…
    Cra mengetahuinya gmana..

    Balas

  33. FPB dan KPK FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) | Forum Diskusi UPI Tasikmalaya 2013
    Nov 11, 2013 @ 20:08:13

  34. peggyta pangastuty.s
    Nov 07, 2013 @ 18:04:33

    Susah Bangetz Yak Pake Pangkat Semua……………..

    Balas

  35. intan rahma dhani
    Nov 06, 2013 @ 20:10:34

    cmuaxa au bleh knalan gx 5 kliant cmua..???
    peace…blz!!!

    Balas

  36. intan rahma dhani
    Nov 06, 2013 @ 20:00:46

    hmmmmm,,,,bleh knalan gx,…??????
    blaz’xa…!!

    Balas

  37. intan rahma dhani
    Nov 06, 2013 @ 20:00:19

    hmmmmm,,,,bleh knalan gx,…??????

    Balas

  38. yulia reni
    Okt 30, 2013 @ 18:42:52

    thanks.,,,,

    Balas

  39. aprianti
    Okt 27, 2013 @ 15:55:45

    jangan segitunya kaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

    Balas

  40. jelingo aniwahyudi
    Okt 21, 2013 @ 16:52:31

    Lumayan bisa dipahami orang dewasa, tapi giliran anak yang belajar kpk dan fpb katanya pusing ma

    Balas

  41. jelingo aniwahyudi
    Okt 21, 2013 @ 16:50:25

    Good for kids

    Balas

  42. Anonymous
    Okt 18, 2013 @ 19:25:16

    KPK 26 dan 40 brapa tapi dya pake akar phon

    Balas

    • bucek
      Okt 31, 2013 @ 09:24:41

      KPK 26 dan 40
      26<2.13 = 2 x 13
      40<2.20<2.10<2.5 = 2pangkat3 x 5
      KPK 26 dan 40 = 2pangkat3 x 5 x 13 = 8 x 5 x 13 = 390
      FPB 26 dan 40 = 2

      okeh…

      Balas

  43. erika
    Okt 10, 2013 @ 21:14:25

    susah

    Balas

  44. difa rizky
    Okt 07, 2013 @ 20:49:32

    ker naraon:-))

    Balas

  45. Anonymous
    Okt 07, 2013 @ 20:43:54

    aduh susah juga ya kpk dari 14 dan16 berapa

    Balas

    • bucek
      Okt 31, 2013 @ 09:36:20

      KPK 14 dan 16
      cara 1 : (bikin kelipatan angkanya)
      14 = 14, 28, 42, 56, 70, 84, 98, 112, 126, dst….
      16 = 16, 32, 48, 64, 80, 96, 112, 128, dst….
      (ketemu angka yang sama dalam kelipatan tersebut yaitu 112)
      maka KPK dari 14 dan 16 adalah 112

      cara 2 : (dengan faktorisasi prima)
      14<2.7 = 2 x 7
      16<2.8<2.4<2.2 = 2pangkat4
      KPK = 2pangkat4 x 7 = 16 x 7 = 112

      understood..? :D ;D :D ;D

      Balas

  46. wahyono nugroho
    Okt 05, 2013 @ 08:23:22

    trm ksh byk

    Balas

  47. Ardho
    Okt 02, 2013 @ 01:12:11

    bagus berguna

    Balas

  48. Anonymous
    Okt 01, 2013 @ 18:57:23

    kk berapa kpk dari 15 dan 60

    Balas

  49. Anonymous
    Sep 27, 2013 @ 18:47:57

    Kk berapa kpk dari 20,24,dan 25

    Balas

  50. Anonymous
    Sep 27, 2013 @ 18:42:36

    Kpk emang gampang tapi ada susahnya loh

    Balas

  51. islah
    Sep 26, 2013 @ 13:57:41

    masih bingung ngepahaminnya

    Balas

  52. sugik
    Sep 24, 2013 @ 21:43:22

    Bagai mana caranya untuk menghitung

    Balas

  53. fajri
    Sep 24, 2013 @ 14:54:25

    om kalau di bujur kyak mna

    Balas

  54. Rm jaya
    Sep 23, 2013 @ 21:39:09

    Mantap sudah mulai di mengerti trims

    Balas

  55. ayu
    Sep 20, 2013 @ 19:46:10

    bingung ke napa

    Balas

  56. Agasthya
    Sep 19, 2013 @ 17:58:38

    Gimana sih caranya bingung aku mana ada PR dari Mr, Fazar. -_- :( Maksudanyaa?

    Balas

    • Auurell Sa
      Sep 19, 2013 @ 18:01:09

      Tapi kan dia sudah bebagi. Ya gak apakan Ag :D

      Balas

    • zaki
      Sep 25, 2013 @ 20:51:11

      puas suruh siapa gak tau![midfing]

      Balas

  57. ruthunitetu21@yahoo.com
    Sep 18, 2013 @ 19:36:21

    terima kasih suda berbagi

    Balas

  58. Anonymous
    Sep 16, 2013 @ 22:18:09

    fpb dAN KPK DARI 56

    Balas

  59. raul
    Sep 13, 2013 @ 05:01:40

    babi dan anjing semuanya

    Balas

  60. asad
    Sep 13, 2013 @ 05:00:11

    thanks your info

    Balas

  61. sarbini
    Sep 12, 2013 @ 20:46:16

    Makasih

    Balas

    • raul
      Sep 13, 2013 @ 05:01:03

      dasar bodoh

      Balas

      • Anonymous
        Des 13, 2013 @ 20:29:01

        Para lu lu kali ya bodoh

  62. sarbini
    Sep 12, 2013 @ 20:41:45

    Ooo.. saya ngerti sudah terima kasih ya

    Balas

  63. sarbini
    Sep 12, 2013 @ 20:40:25

    Bingung juga

    Balas

  64. Anonymous
    Sep 12, 2013 @ 20:26:29

    Bingung

    Balas

  65. Anonymous
    Sep 11, 2013 @ 18:24:49

    Kakak kok gak ada fpb dan kpk 50 pake cara sengkedan

    Balas

    • Anonymous
      Sep 12, 2013 @ 20:30:43

      Taktau

      Balas

    • anak pang
      Sep 25, 2013 @ 20:54:09

      wah dasar anak lebay abis

      Balas

  66. Shelya Mutiara putri
    Sep 10, 2013 @ 21:57:50

    Terimakasih..infonyaa sngt berguna sekali aku emg s’krang lg belajar tentang… °·♡·♥τнänκ чöü♥·♡·° for yg udah bikin ni blog sapa sich? *yg buat yahh pokoknya thanks bgt

    Balas

  67. 13 (#) GHOST@YAHOO.CO.ID
    Sep 10, 2013 @ 20:16:45

    /Best/

    Balas

  68. 13 (#) GHOST@YAHOO.CO.ID
    Sep 10, 2013 @ 20:12:45

    FPB DAN KPK ADA BANYAK MACAM CARA YAITU (TIDAK TAU WKWKWK)

    Balas

  69. GHOST
    Sep 10, 2013 @ 20:02:51

    WAWWW MANTAB

    Balas

  70. johan hutapea
    Sep 09, 2013 @ 21:16:54

    kk kalok kpk dari 18 , 24 dan 32 beraba kpk nya

    Balas

  71. Anonymous
    Sep 09, 2013 @ 19:07:18

    kok gak ada kpknya ya??????????????????????????

    Balas

  72. zhaky
    Sep 04, 2013 @ 20:05:42

    cara yg lebih gampang bagai mana

    Balas

  73. Anonymous
    Sep 03, 2013 @ 18:22:32

    lengkap

    Balas

  74. fariz
    Agu 31, 2013 @ 18:43:22

    tanks top sekali

    Balas

  75. Anonymous
    Agu 30, 2013 @ 16:23:27

    the match in the good job !!!!
    i am fun a study the match.

    Balas

  76. Anonymous
    Agu 30, 2013 @ 04:51:04

    Susah

    Balas

  77. Anonymous
    Agu 28, 2013 @ 21:04:33

    Faktorisasi itu memang top

    Balas

  78. Alya
    Agu 28, 2013 @ 17:44:26

    Thanks

    Balas

  79. Gendowor
    Agu 27, 2013 @ 15:50:39

    Terima Kasih, sudah berbagi !!

    Balas

  80. Angelo
    Agu 25, 2013 @ 18:46:41

    follow me @tiara_kasih71
    Thx

    Balas

  81. love best friend
    Agu 22, 2013 @ 12:43:58

    terima kasih untuk pohon faktor klau tak ada engkau pasti akan buruk

    Balas

  82. ghani
    Agu 21, 2013 @ 18:58:13

    Follow my twiter : @Ghani_AmriL

    Balas

  83. didan fartamorgana
    Agu 21, 2013 @ 18:35:13

    kelipatan dari 30=……..

    Balas

  84. orang cantik
    Jul 29, 2013 @ 20:18:16

    thangs ya :]

    Balas

  85. Dwiardiyanti42@yahoo.com
    Jul 26, 2013 @ 05:27:52

    .makasihh :D
    xD

    Balas

    • Anonymous
      Jul 28, 2013 @ 21:49:39

      Mana yaa,fpb dari 24mdan 36

      Balas

    • Anonymous
      Agu 02, 2013 @ 12:58:53

      Nama kamu siapa

      Balas

  86. Anonymous
    Jul 26, 2013 @ 05:26:53

    .makasihh :D
    xD

    Balas

    • ozi
      Sep 12, 2013 @ 13:08:40

      terima kasih ya

      Balas

  87. hgshbyg
    Jul 22, 2013 @ 21:29:25

    terima kasih atas pemberitahuannya

    Balas

  88. Anastasia Keisha
    Jul 16, 2013 @ 13:45:01

    Makasih udah tau caranya

    Balas

  89. adi
    Mei 26, 2013 @ 20:35:09

    terima kasih ya saya siswa kelas 4 sd jadi lebih senang belajarnya.

    Balas

  90. Hasbi
    Mei 18, 2013 @ 17:50:09

    Bagus :-)

    Balas

    • Anonymous
      Agu 02, 2013 @ 13:01:50

      Kamu sekarang kelas berapa

      Balas

  91. Anonymous
    Mei 15, 2013 @ 20:59:35

    a

    Balas

  92. Anonymous
    Apr 30, 2013 @ 08:11:23

    Terima kasih…. cara menerangkan yang singkat, jelas dan padat.

    Balas

  93. Anonymous
    Apr 04, 2013 @ 14:35:45

    ditambah lagi dwounk soal cerita”y

    Balas

  94. Yossy
    Mar 29, 2013 @ 18:54:51

    Terima kasih atas penjelasan anda! Amat sangat membantu dan lebih mudah dimengerti daripada web” lainnya! Terima kasih

    Balas

  95. ELIS TENISTUAN
    Mar 12, 2013 @ 13:24:10

    TERIMA KASIH DAN MOHON CARA KERJA YANG LENGKAP SEBAB SAYA AGAK BINGUNG THAKS

    Balas

  96. Jovanka Nathania
    Feb 28, 2013 @ 19:28:44

    makasihh.. gara2 nemuin web ini, aku jd bs blajar bwt try out besok :D doain smga dpt nilai yg memuaskan yahh.. xD

    Balas

  97. M.Davi.Ramdani
    Feb 20, 2013 @ 08:03:22

    Davoi <3 Dea

    Balas

  98. sal mohamad (@salmohamad23)
    Des 22, 2012 @ 23:22:12

    makasih untuk materinyaaa…
    dengan begitu aku bisa bantu ngjarin mtmtka kepada adik”ku….

    Balas

  99. lonneta
    Des 12, 2012 @ 18:40:56

    boleh tanya kpk dari 15 dan 20

    Balas

  100. Dinaya Agrivina
    Des 07, 2012 @ 06:51:08

    Terimakasih saya siswa kelas 4 SD, ini sangat membantu saya

    Balas

  101. Anonymous
    Nov 27, 2012 @ 00:08:21

    Ih beginian doang juga gue bisa kalee

    Balas

  102. Anonymous
    Nov 24, 2012 @ 12:07:19

    :)

    Balas

    • Anonymous
      Feb 01, 2013 @ 19:20:47

      Dangsin Eul Salang

      Balas

  103. orgtdkdiketahui
    Nov 07, 2012 @ 20:11:03

    Buat semua yang bikin rumus ini semua, Terimakasih banyak….
    Tpai caranya bingungin………………………………

    Balas

  104. nur octafiani
    Nov 06, 2012 @ 19:25:49

    ngasih tau nya gak pake KPK dan FPB nya susah banget cihhh

    Balas

  105. asd
    Nov 01, 2012 @ 12:52:27

    kontol memek ngentot lo semuaaaaa??????????

    Balas

    • raul syaputra
      Sep 13, 2013 @ 05:14:45

      dasar gila bodoh telaso asd

      Balas

  106. nissa
    Okt 31, 2012 @ 19:25:11

    wow

    Balas

  107. 7bt6
    Okt 31, 2012 @ 14:18:59

    wow

    Balas

  108. SAKURA
    Okt 10, 2012 @ 21:35:18

    KLO FPB DARI 21 DAN 56 APA AKU GAKK NGERTI KALO FPB X AJARIN YAAAAAAAA

    Balas

  109. muhammad rifky
    Sep 24, 2012 @ 19:58:12

    kk gimana caranya mencari kpk 12,14,16

    Balas

  110. najia husna
    Sep 21, 2012 @ 20:46:36

    didi kanya

    Balas

  111. najia husna
    Sep 21, 2012 @ 20:45:39

    kalo boleh tau apa kepanjagan kpk

    Balas

    • Anonymous
      Okt 12, 2012 @ 09:05:14

      kelipatan persekutuan kecil

      Balas

    • Anonymous
      Okt 12, 2012 @ 09:06:26

      kelipatan persekutuan kecil di ingat ya diik

      Balas

      • bucek
        Okt 31, 2013 @ 09:14:38

        Komisi Pemberantasan Korupsi….
        weeekk… :D

  112. najia husna
    Sep 21, 2012 @ 20:43:25

    yaudah aku belajarduluya

    Balas

  113. najia husna
    Sep 21, 2012 @ 20:42:17

    egatauuuuuuuuuuuuuuu

    Balas

  114. najia husna
    Sep 21, 2012 @ 20:41:25

    karna susah

    Balas

  115. najia husna
    Sep 21, 2012 @ 20:40:43

    sama samaya

    Balas

  116. najia husna
    Sep 21, 2012 @ 20:30:01

    KOLO BOLEH TAU APA KPKN DARI 8 DAN 9
    KAsih tau ya

    Balas

  117. Ranika
    Sep 19, 2012 @ 21:19:17

    Guru yg jelasin di kelas hendaknya dpt dipahami oleh anak didik…………………..

    Balas

  118. ibnu
    Sep 16, 2012 @ 20:26:27

    memang Plajaran MM bikin Gilak

    Balas

    • raul syaputra
      Sep 13, 2013 @ 05:12:29

      opale

      Balas

  119. widiya
    Sep 14, 2012 @ 19:25:49

    carikan kpk dan fpb

    Balas

    • raul syaputra
      Sep 13, 2013 @ 05:13:13

      widiya anjinggggggg payah rocks

      Balas

  120. orang pintar
    Sep 11, 2012 @ 21:03:54

    aneh bikin pusing

    Balas

  121. andri
    Sep 10, 2012 @ 14:44:09

    Lah FPB dari bilangan “21” dan “35” bukannya angka “7” kog jadi angka “3”,
    kan 35 nga bisa habis dibagi 3????
    21 = 1,3,7,21
    35= 1,5,7,35
    ?????????????????????
    Pusingggg ngeliatnya !!!!!!!!!

    Balas

  122. Anonymous
    Sep 06, 2012 @ 20:44:41

    yee..yg bunekxx ..bunexx ajhaa…lah

    Balas

    • DZAKWAN
      Okt 16, 2012 @ 08:23:37

      OM KALAU TENTANG CERITA GIMANA

      Balas

  123. dinda
    Sep 04, 2012 @ 18:40:07

    bagus

    Balas

  124. ury
    Sep 04, 2012 @ 13:48:33

    r

    Balas

  125. Apple
    Agu 28, 2012 @ 13:57:06

    blajar ginian sihc gampang………

    Balas

  126. chirstiani R.L
    Agu 27, 2012 @ 13:34:38

    Weee piaa sya yg tliss itu smuaa nama mhee maaf leeeeee …

    Balas

  127. septi jerika padang ..,,
    Agu 27, 2012 @ 13:32:26

    Viola natadoan randalayuk love nobertus palolongan …..

    Balas

  128. viola natadoan randalayuk ..
    Agu 27, 2012 @ 13:29:42

    Haii kadangkeng luu yaa see bau tai anjing ………………….
    π_π

    Balas

  129. Anonymous
    Agu 27, 2012 @ 09:04:03

    gk nyambung :P

    Balas

  130. kitty kristy letrin lestary
    Agu 26, 2012 @ 20:23:09

    Kamseupay ini caranyaaaaaaa gak jelassss bgt gtuuuuuuuuu :-C

    Balas

    • felixs
      Sep 07, 2012 @ 19:42:03

      siapa sih yang buat cara gini makasih ya

      Balas

    • laura nadapdap
      Agu 03, 2013 @ 18:28:09

      norak kali gaya loe

      Balas

    • Anonymous
      Agu 03, 2013 @ 18:33:31

      tolong ya kitty kristy tah apalah namamu kau buat dah namanya menthel,norak ,lebay selangngngngngngngngngngngngngngngngit

      Balas

  131. kitty kristy letrin lestary
    Agu 26, 2012 @ 20:20:45

    Gak jelas bgt sihh bkn caranya :-(

    Balas

    • SAKURA
      Okt 10, 2012 @ 21:39:37

      NGERTI GAKK PELAJARAN MM SANGAT SUSAH DAN GAK SERUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU BALAS YA

      Balas

  132. janet
    Agu 26, 2012 @ 20:13:56

    Thank’s yaaa .. udh bsaa bljr matematikaa dechhhhh .. ;-)

    Balas

  133. janet
    Agu 26, 2012 @ 20:10:01

    Caraa.y nyelesain kpk.y itw gmnaaaaaaaaa ………
    Tolong d blzzz yaaaaaaa ….

    Balas

  134. nanini diva malinka
    Agu 26, 2012 @ 18:38:27

    wah makasih banget ya jadi gampang hapal nich :) ;) <3

    Balas

  135. Andin
    Agu 26, 2012 @ 08:38:36

    Duhhhhh……….. aq pusing yg KPK nya Ajj…. Pening kepala q Ihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    Balas

    • pinkanindya alisya putri sunarya...
      Jun 10, 2013 @ 23:22:26

      goooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooood joooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooob
      …………………………………………………………………………………………………………….

      Balas

  136. chika
    Agu 23, 2012 @ 21:13:21

    aku jadi bisa lagi deh nger jain pr,makasih :)

    Balas

    • Anonymous
      Agu 02, 2013 @ 13:08:27

      Chik lagi apa

      Balas

  137. Adjie
    Agu 08, 2012 @ 16:53:03

    lumayan mengingatkan kembali buat dasar algoritma perhitungan fpb dan kpk..

    Balas

  138. arief alfarizi
    Agu 06, 2012 @ 17:39:05

    aduhk susah euy belajar mtk

    Balas

    • khansa salsabila
      Nov 19, 2012 @ 18:49:57

      emang, baru tau. kamu kls berapa. kls 4 sd bukan

      Balas

      • Anonymous
        Agu 02, 2013 @ 13:14:12

        Kan aku gak tau kalau kamu kelas 4

  139. mauliedah
    Agu 02, 2012 @ 13:52:53

    good……………………

    Balas

  140. Jordan
    Feb 10, 2012 @ 19:51:42

    Tq Yach Udah DiKasih Penjelasannya Okk

    Balas

  141. Untung Hs
    Des 06, 2011 @ 18:51:23

    terima kasih atas penjelasannya…………….

    Balas

    • petrucci
      Jul 17, 2012 @ 14:53:34

      wah penjelasanya mantab

      Balas

    • najia husna
      Sep 21, 2012 @ 20:34:21

      yyaudah

      Balas

  142. fghjertyhjufhgjgfh
    Sep 14, 2011 @ 20:36:57

    in the good job

    Balas

    • Anonymous
      Agu 02, 2013 @ 13:12:06

      Hai lagi apa

      Balas

      • aryando mulya al-fattah
        Sep 15, 2013 @ 21:02:01

        bingung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: